Laman

Rabu, 24 September 2014

tips dan trik dari PATI

  • Ungkapan secara eksplisit dengan tanda petik.
Misalnya kita ingin mecari informasi mengenai novel Islam, maka dari pada hanya mengetik novel islam, lebih baik mengetik “Novel Islam” di box Google  Search dengan menggunakan tanda petik untuk mendapatkan hasil pencarian yang lebih tepat.


  • Medefinisikan kata.
Bilasahabat ingin mndapatkan definisi dari sebuah kata atau istilah, maka kita dapat mengtik di Google Search dengan perintah define, dan akan keluar hasil pendefinisian kata tersebut dari berbagai sumber. Contoh: define:novel




  • Sertakan Tipe Dokumennya.
Jika kita hanya menginginkan hasil pencarian dengan tipe dokumen tertentu, maka kita dapat menggunakan tambahan keterangan “filetype”. Misalnya kita mencari dokumen power point (ppt) maka ketik: “novel islam” filetype:ppt. Google mendukung tipe file dengan format antara lain: Adobe portable Document Format (pdf), Microsoft Rxcel (xls), Microsoft Power Point (ppt), Microsofft Word (doc), dan text (ans, txt).


  • Kesampingkan kata yang tidak diperlukan.
Bila kita ingin mencari informasi mengenai nivel Islam, namun kita tidak mengharapkan hasil yang berkaitan dengan penerbit. Maka gunakan tanda setrip (-) didepan kata tersebut. Misalnya: novel islam –penerbit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar